Wednesday 8 October 2014

BISAKAH AIR MENDIDIH LEBIH DARI 100 DERAJAT CELCIUS?

Ketika kita hendak memasak makanan dalam keadaan yang terburu-buru maka kita menghidupkan kompor dengan setelan api yang menyala tajam agar cepat panas. Karena kita yang terlalu berambisi sehingga kita berharap air dapat memanas sepanas-panasnya dan lebih dari 100 derajat. Adakah cara untuk memanaskan air lebih panas dari titik didihnya,,,?

Mari kita perhatikan lebih cermat apa yang terjadi di dalam air sewaktu kita memanaskannya sampai mendidih. Ketika kita mulai memanaskan air, temperaturenya naik. Artinya molekul-molekul air mengambil energi panas dan menunjukannya dengan bergerak semakin cepat. Akhirnya sebagian molekul akan memiliki energi yang begitu besar sehingga mereka dapat melepaskan diri dari keterikatannya dengan sesama molekul. Molekul-molekul yang lebih bertenaga mungkin bahkan menyikut, menabrak dan menghantam teman-teman molekul yang lain yang paling dekat dan merebut tempat yang lebih besar sehingga timbulah gelembung-gelembung air, yang naik ke permukaan sambil menyemburkan air dalam wujud gas. 



Kita dapat menyebut seluruh proses yang rumit dengan satu kata yaitu "mendidih" . Kita dapat menangkap bahwa panas dari kompor yang terserap oleh air merubah diri air dari zat cair menjadi gas.

2 comments:

  1. apa jawabanya supaya air bisa mendidih di suhu 120 oC misalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya adalah dengan cara memasukkan air kedalam tabung kedap udara kemudian dipanasi

      Delete