Thursday 2 October 2014

Teristimewa di tanggal 8 Oktober 2014 Gerhana Bulan

Wahh,,Ada apa ditanggal 8 oktober? Sahabat sholeh mungkin pada penasaran dan pastinya ingin segera tahu ada fenomena apa pada saat itu. Pada tanggal itu akan ada peristiwa astronomi. Bagi teman2 yang telah akrab dengan dunia astronomi tentunya sudah membuat sendiri kalender astronomi untuk melihat kejadian astronomi setiap bulannya. Kali ini penulis akan berbagi sebuah peristiwa yang menarik di tanggal 8 oktober yang telah penulis tandai dalam kalender pribadinya,,,heheh

Oke, Pada tanggal 8 oktober ini wilayah kita negara Indonesa mendapat kesempatan untuk dapat mengamati gerhana bulan total. Info yang dididapat dari BMKG menyatakan bahwa"pada tanggal 8 Oktober 2014 akan terjadi gerhana bulan total". Gerhana ini akan dapat diamati dari wilayah Amerika, Samudra Pasifik, Australia dan Asia kecuali Asia Barat. Untuk wilayah Indonesia, pengamat di Papua dan sebagian besar Maluku bagian timur akan mendapati bulan sedang dalam fase gerhana bulan penumbra pada saat bulan terbit (mendekati waktu solat magrib). Untuk selanjutnya pengamat di daerah ini akan mengamati gerhana hingga selesai


Sementara itu, untuk wilayah malauku bagian barat, sulawesi, NTB, Kalti dan jawa bagian timur akan mengamati gerhana pada fase Gerhana bulan sebagian dana untuk selanjutnya akan mengamati gerhana hingga selesai. 

Untuk pengamat di daerah jawa bagian barat dan sebagian kecil kalimantan barat dan Sumatra (termasuk LAMPUNG) AKAN MENGAMATI BULAN SEDANG DALAM PROSES GERHANA TORAL PADA SAAT BULAN TERBIT. Pengamat pada daerah ini akan mengamati juga fase-fase berikutnya dari gerhadana ini. 

Mari lekas kita siapkan Kamera CCD atan Poket atau apapun yang di miliki untuk dapat mengabadikan momen tersebut. Bagi teman2 yang sudah di sekolah dan memiliki teleskop bida di agendakan untuk melakukan pengamatan bersama dengan siswa-siswanya. Hal ini tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi peserta didiknya.

Sedikit memberikan penjelasan mengenai apakah Gerhana bulan total itu?,,

Banyak mitos atau cerita rakyat yang mengaitkan peristiwa gerhana bulan dengan cerita-cerita rakyat, misalnya yaitu gerhana bulan terjadi karena bulan dimakan oleh sang batara kala, dan untuk membantu agar bulan dimuntahkan kembali maka masyakat memukul pohon, atau benda apapun. Namun ini adalah cerita yang kebenaran masih menjadi tanda tanya. Secara ilmiah gerhana bulan dapat terjadi pada saat bulan berada pada fase bulan penuh (purnama). Sehingga posisi bumi berada diantara bulan dan matahari. Terdapat tiga jenis gerhana bulan yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan penumbra.




Pada posisi titik A menunjukan gerhana bulan total karena bulan berada pada daerah umbra, pada posisi C menunjukan bahwa terjadi gerhana bulan sebagian yaitu bulan berada pada antara daerah umbra dan penumbra (atau sebagian permukaan bulan berada pada daerah umbra dan sebagiannya tidak. Pada titik B dan D menunjukan terjadinya gerhana matahari penumbra yaitu posisi bulan yang berada pada daerah penumbra.

Gerhana bulan hampir dapat di amati oleh seluruh permukaan bumi yang mengalami malam pada saat terjadinya gerhana, bahkan perubahan wajah bulannya pun dapat teramati. Gerhana bulan terjadi dalam waktu 1 jam 40 menit. Lebih lama bila dibandingkan dengan gerhana matahari, itu terjadi karena bayangan umbra atau bayangan kerucut yang dibentuk lebih luas.


WARNING : SAHABAT SHOLEH ,,JANGAN LUPA SOLAT GERHANA YA

No comments:

Post a Comment