Friday 26 September 2014

HATI DAN PERASAAN

HATI DAN PERASAAN


Setiap mahluk hidup yang diciptakan oleh Alloh SWT di dalam bumi ini memiliki hati dan perasaan. Cara dan prilaku pengungkapannya mungkin berbeda-beda. Satu contoh kecil yang sering kita lihat adalah betapa senangnya hati katak ketika menerima anugerah berupa hujan yang lebat dari Alloh. Sang katak bernyanyi riang dan gembira, dengan suara "Bang bung bang bung " yang terulang sehingga membentuk nada-nada yang indah. Ini adalah pengambaran ungkapan syukur dan bahagia sang katak ketika bertasbih kepada Alloh SWT. Lain halnya dengan seekor burung, setiap pagi hari burung pasti akan berkicau menyambut kedatangan pagi dan terbang secara berkelompok-kelompok. Contoh ini adalah sebuah ungkapan rasa syukur, lalu bagaimana setiap mahluk menunjukan rasa amarahnya?

Dapat penulis katakan bahwa rasa cinta dan syukur adalah pengambaran dari hati dan perasaan secara positif. Bentuk pengambaran hati dan perasaan setiap mahluk dalam lingkup negatif berupa amarah, rasa kesal, amuk, caci yang dapat melukai diri dan orang lain. Saya ambilkan sebuah contoh dari pohon rambutan, ini mungkin belum tepat dan belum dilakukan sebuah penelitian. Sebuah pohon rambutan yang biasanya berbuah, pada suatu saat tidak lagi berbuah. Ini adalah prilaku pengungkapan sang pohon terhadap kekesalannya kepada pemiliknya, hanya mungki pemiliknya tidak sadar. Sedangkan untuk contoh lain adalah binatang seperti sapi, dalam pengungkapan perasaan secara negatif akan mengamuk dan menyeruduk apapun disekitarnya jika ada orang yang menggangunya.

Kenapa amarah itu dapat timbul karena Alloh SWT menciptakan manusia dari tanah yang didukung dengan api, tanah sebagai peredam sedangkan api penyebab amarah, Itulah mungkin mengapa sebabnya ketika marah pasti tubuh akan merasa panas. Namun, jika ditinjau secara ilmu fisika (ilmiah), (hem, bukannya sombong dari p.fis terus dikaitkan, ingat ini hanya share dan disscus saja) timbulnya rasa panas itu terjadi karena partikel - partikel bergetar lebih cepat dari biasanya sehingga menimbulkan penguapan berupa keluarnya keringat dari dalam tubuh. Bergetanya lebih cepat ini terjadi karena partikel saling bertumbukan satu sama lainnya, analogikan dengan bola biliard. Ketika kita menumbuk sebuah bola biliard maka terjadi transfer energi dari kita ke bola biliar. Bola kemudian menumbuk bola lainnya, maka bola lainnya yang tertumbuk akan bergerak lebih cepat dari bola pertama, bola yang tertumbuk inilah yang dapat kita anggap sebagai keringat yang keluar dari dalam tubuh

Manusia sebagai mahluk yang berbeda, punya cara yang berbeda untuk mengungkapkannya. Cara yang terbaik tentunya adalah mengikuti cara yang telah tertuang dalam Al-Quran dan As sunnah. Ya inilah pegangan hidup manusia, Tapi terkadang manusia dengan congkak dan sombongnya melupakan hal ini. Sebenarnya apa yang mau dibanggakan dari dalam diri kita, jika kita hanya berprilaku seperti parasit. Hiduplah dengan penuh manfaat bagi lingkunganmu, itulah sebagian motto hidup sang penulis.Berikut adalah hadist yang driwayatkan oleh bukhari dan muslim


Nikmat dan indahnya hidup dapat kita rasakan jika kita senantiasa menjadi hamba Alloh SWT yang senantiasa memiliki rasa cinta dan syukur serta dapat menahan dan mengalahkan amarah yang ada dalam diri kita. Inilah sepengalan kisah hati dan perasaan yang dapat diungkap dari dua sisi yaitu positif dan negatif. Penulis berusaha untuk tidak berkata yang melukai orang dan mencoba untuk tidak memusingkan perkataan yang melukai hati penulis, terima kasih,,wassalamualaikum wr wb.

kunjungi saya pada
Google + Klik di Sini dan My Busines di Sini

No comments:

Post a Comment