Sunday 28 September 2014

DISKUSI SOAL PADA MATERI ALAT OPTIK (MATA)

DISKUSI SOAL PADA MATERI ALAT OPTIK (MATA)

Bagian mata dan fungsinya:
  1. Aques humor berisi cairan  yang berfungsi membiaskan cahaya yang masuk ke mata
  2. Lensa kristalin/lensa mata berfungsi utnuk mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan mata
  3. Iris berfungsi memberikan warna pada mata
  4. Pupil sebagai indikator untuk mengetahui intensitas cahaya yang masuk kemata, ukuran pupil akan membesar saat mata berada pada lingkungan gelap dan sebaliknya pupil akan mengecil saat berada pada lingkungan yang terang
  5. Retina berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke lensa mata, terdapat sel batang dan sel kerucut yang akan memproses penerimaan cahaya ke otak untuk menerjemahkan kejelasan gambar yang diterima.
  6. Otot siliar mengatur jarak fokus pada mata agar terbentuk bayangan pada retina dan lensa


  • Mengapa mata bukanlah alat pencatat ilmiah yang baik? Jelaskan.

Konsepsi : Proses pembentukan bayanganya pada mata terjadi akibat karena proses pembiasan yang terjadi secara bertahap dari udara sampai pada retina. Bayangan yang dihasilkan pada dasaranya bersifat maya dan terbalik namun diproses menjadi tegak oleh mata kita (Subhanaullah). Maka dari itu mata dikatakan sebagai pencatat ilmiah yang kurang baik karena bayangan yang dihasilkan maya dan proses pembentukan bayanangan yang terjadi terpengaruhi oleh posisi mata terhadap benda dan intensitas cahaya di sekitar lingkungan benda.

  • Mengapa persentase terbesar dari pembiasan total sinar dari benda menuju retina mata terjadi pada bidang batas udara dan kornea dan bukan pada lensa mata?

Konsepsi: Perlu kita ketahui bahwa indeks bias dari setiap komponen pada mata memiliki indeks bias yang bervariasi diantaranya yaitu
1.      Udara dengan indeks bias (n = 1)
2.      Kornea ( n = 1,38)
3.      Aques Humor (n = 1,33)
4.      Lensa (n =1,40)
5.      Vitreous humor (n = 1,34)
Terlihat adanya perbedaan indeks bias dari setiap komponen mata, proses pembiasan dengan presentase terbesar berada pada bidang batas udara dan kornea hal ini terjadi karena adanya perbedaan indeks bias yang besar pada bidang batas ini, dengan persentase pembiasan mencapai rata-rata mencapai 70%. Pembiasan di lensa (20-25%) dan 5% komponen lainnya.
Catatan : jarak lensa mata dan retina selalu tetap, agar bayangan dapat jatuh tepat pada retina maka lensa melakukan gerak akomodasi oleh otot siliar.

  • Mengapa penderita rabun jauh dapat melihat benda dekat dengan jelas, tetapi tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas? Mengapa untuk menolongnya digunakan kacamata lensa cekung?


Konsepsi : Rabun jauh terjadi terjadi ketika mata memiliki titik dekat yang lebih kecil dari jarak normal punctum proximum 25 cm dan titik terjauh pada titik tertentu. Sehingga pada cacat mata ini, penderita dapat melihat benda dekat dengan jelas sedangkan untuk benda yang letaknya jauh tidak dapat terlihat dengan jelas. Ini terjadi karena lensa mata tidak mampu untuk memipih sebagaimana mestinya sehingga pada jarak yang jauh bayangan yang dihasilkan jatuh di depan retina mata.Untuk membantu penderita ini maka digunakan kacamata dengan lensa cekung dua (bikonkaf) karena kaca mata ini akan membiaskan cahaya secara divergen sehingga pembiasan pada lensa mata akan terjadi pada bagian sudut lensa yang berdeda sehingga bayangan dapat jatuh tepat di retina.



  • Mengapa penderita rabun dekat dapat melihat benda jauh dengan jelas, tetapi tidak dapat melihat benda dekat dengan jelas? Mengapa untuk menolongnya digunakan kacamata lensa cembung?

Konsepsi : Rabun dekat terjadi terjadi ketika mata memiliki titik dekat yang lebih besar dari jarak normal punctum proximum 25 cm dan titik jauh yang tak terhingga. Sehingga pada cacat mata ini, penderita tidak dapat melihat benda dekat dengan jelas sedangkan untuk benda yang letaknya jauh dapat terlihat dengan jelas tanpa berakomodasi. Ini terjadi karena lensa mata tidak mampu untuk mencembung sebagaimana mestinya sehingga pada jarak yang dekat bayangan yang dihasilkan jatuh di belakang retina mata.Untuk membantu penderita ini maka digunakan kacamata dengan lensa cembung dua (bikonveks) karena kaca mata ini akan membiaskan cahaya secara konvergen sehingga pembiasan pada lensa mata akan terjadi pada bagian sudut lensa yang berdeda sehingga bayangan dapat jatuh tepat di retina.



  • Bagaiamanakah perbedaan antara pemfokusan pada mata dan pemfokusan pada kamera?

Konsepsi : Pemfokusan pada mata dilakukan oleh otot siliar mata dengan melakukan akomodasi pada lensa mata dengan mencembung dan memipihkan lensa mata sehingga bayangan akan tepat jatuh pada retina atau pemfokusan dilakukan dengan mengubah-ubah jarak fokus lensa sesuai dengan jarak benda yang diamati. Sedangkan pada kamera dilakukan dengan mengatur mengubah-ubah jarak bayangan sesuai dengan jarak benda yang difoto yaiu jarak antara film dan lensa diatur dengan menggerakan lensa kamera.

  • Manakah bagian-bagian mata dan kamera yang memiliki fungsi yang sama? Sebutkan fungsi itu?

Konsepsi :
No
Bagian
Fungsi
1
Retina
Film
Menangkap bayangan dengan sifat nyata, terbalik, diperkecil
2
Iris
Celah diafragma
Mengatur intensitas cahaya yang masuk


  • Mengapa lensa kamera digerakan menjauhi film atau mendekati benda ketika kamera digunakan untuk memfokuskan benda yang lebih dekat?

Konsepsi: untuk mendapatkan gambar yang memilki fokus yang baik maka lensa digerakan menajuhi atau mendekati film tujuannya yaitu agar bayangan benda yang terbiasakan oleh lensa kamera dapat tepat jatuh pada film.

Semoga Bermanfaat,,,,,

1 comment: