Saturday 3 December 2022

Cara Setting Teleskop Sebelum Digunakan

Selamat malam para sobat pembaca, pada postingan kali ini saya akan mencoba berbagi ilmu untuk menjelaskan mengenai bagaimana melakukan pengaturan teleskop sebelum dapat digunakan. Ada beberapa langkah, diantaranya adalah sebagai berikut
1.      Siapkanlah  tripot teleskop, atur ketinggian  tripot sesuai dengan kebutuhan, atur posisi kerataan tripot (gunakan waterpass untuk memudahkan kerja)
2.      Ambil tabung teleskop, pasang dan atur keseimbangan tabung teleskop dengan memutar pengunci deklinasi (jika ada) dan pengunci sudut jam (jika ada)
3.      Gunakan kompas untuk memposisikan teleskop dengan memperhitungkan arah kutub bumi (utara-selatan bumi) untuk wilayah indonesia berada pada bumi bagian selatan, perhitungkan posisi equatorial wilayah pengamatan (untuk wilayah lampung berada pada posisi 60 – 30 LS.
4.      Pasanglah cermin pembalik dan lensa okuler pada tabung teleskop
5.      Pasanglah finder teleleskop, lakukan kalibrasi teleskop dengan mencari objek tertentu yang dapat digunakan untuk mengkalibrsi teleskop. Dalam melakukan kalibrasi cari dan kunci objek terlebih dahulu menggunakan tabung teleskop kemudian posisikan objek tepat center diantara garis vertikal dan horizontal yang akan terlihat seperti keramik lantai (asumsi). Perhatikanlah gambar berikut ini:
6.      Ambil gambar objek yang didapatkan pada saat kalibrasi, menggunakan kamera.
7.      Lakukan kembali langkah 4 namun dengan menggunakan lensa okuler yang berbeda
8.      Catatalah spesifikasi (model, ukuran, panjang teleskop, fokus lensa objektif dan lensa okuler)
9.      Hitunglah rasio perbesaran teleskop dari variasi fokus lensa okuler yang digunakan. Sampaikanlah asumsi ketepatan penggunaan teleskop yang di setting (kajian mengenai kemampuan teleskop dalam mengamati bintang)

5 comments:

  1. baik terima kasih semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Top 10 titanium dental implants and periodontics
    If you think you need a lot of help or guidance, the following titanium straightener 10 sites are. T.M. (Top 10); UMass 2019 ford edge titanium for sale L&D Administration at joico titanium UMass Boston Harbor, MA. (Top urban titanium metallic 10); UMass University titanium dioxide sunscreen

    ReplyDelete