Thursday 9 October 2014

Mengapa Langit Berwarna Biru

Kelihatanya para pembaca Belum banyak ya sepertinya yang menjelaskan kenapa sih kok langit itu warnanya biru? hayo coba tebak!!



Langit tampak biru dengan alasan bahwa partikel-partikel yang sangat kecil membaurkan cahaya biru. Tentu saja, udara yang murni pastinya tidak berwarna artinya semua cahaya (warna) yang panjang gelombangnya dalam spektrum cahaya tampak dapat melewatinya tanpa proses penyerapan. Akan tetapi udara mengandung molekul-molekul, bahkan sering tersuspensi dengan debu yang partikelnya lebih kecil dari pada panjang gelombang cahaya tampak. Maka karena itulah menyebabkan sebagian cahaya berbaur. Seperti dalam kasus partikel-partikel asap rokok, cahaya biru yang terbaurkan lebih banyak dibandingkan warna-warni lain, yang cenderung berjalan lurus melalui udara tanpa perubahan arah yang berarti.


Ketika kita memandang langit, kita melihat semua warna dalam cahaya matahari yang datang ke arah kita. akan tetapi dari sisi lain kita juga mendapat tambahan cahaya biru yang dibaurkan oleh udara ke mata kita dari berbagai arah. Oleh sebab itu, kita mendapatkan cahaya biru lebih banyak dari yang dikirim oleh matahari langsung kepada kita, maka tampaklah langit berwarna lebih biru dari pada cahaya mataharinya sendiri.

Jadi kesimpulannya, 
warna langit menjadi biru karena cahaya matahari yang terbaurkan oleh partikel udara yang murni (belum terkontaminasi carbon) adalah gelombang cahaya tampak matahari, sebagi akaibat cahaya tampak panjang gelombang lebih besar dari molekul udara +debu sehingga cahaya matahari menjadi terbaur dengan intensitas wana biru lebih besar dari warna yang lainnya.

1 comment: