Wednesday 24 September 2014

SIFAT LENSA DAN FENOMENANYA

Mengapa fokus aktif lensa cembung adalah nyata, sedangkan fokus aktif lensa cekung adalah maya ? jelaskan dengan bantuan diagram sinar?
Konsepsi : Pada dasarnya terbedakanya sebuah lensa itu sebagai akibat karena memiliki bentuk permukaan yang berbeda, bentuk yang berbeda ini menghasilkan posisi garis normal sebagai bidang bias yang berbeda sehingga menjadikan karakter cahaya yang dibiaskanpun memiliki karakter sesuai dengan bentuk sinarnya.Secaara lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini



Mengapa kaca pembesar menggunakan lensa cembung bukan menggunakan lensa cekung?

Konsepsi : Karena lensa cembung memiliki kemampuan untuk menghasilkan banyangan maya yang lebih besar dari bayangan aslinya ketika benda diletakan di depan lensa dengan posisi antara titik api dan titik pusat kelengkungan lensa.

Sebuah lensa terbuat dari bahan yag indeks bias 1,3; Di udara, lensa ini adalah suatu lensa konvergen. Apakah lensa ini tetap lensa konvergen jika dicelupkan  di dalam air dengan indeks bias  1,33?
a.       Jelaskan dengan melukis diagram sinar?
b.      Jelaskan dengan persamaan pembuatan lensa

Konsepsi :  Lensa ini memiliki indeks bias cahaya yang lebih kecil dari pada air, jelas mendium ini memiliki sifat pembiasan yang berbeda. Maka ketika lensa yang besifat konvergen di masukan ke dalam air, lensa akan membiaskan cahaya dengan sifat pembiasan divergen (menyebar). Hasil pengambaran diagaram sinar dapat dilihat sebagai berikut:




  1.  Jika kita menggunakan aturaan pembuatan lensa maka


Karena fokus yang dihasilkan bernilai negatif maka lensa konvergen yang dimasukan ke dalam air akan berubah sifatnya menjadi lensa divergen

No comments:

Post a Comment