Tuesday 23 September 2014

CAHAYA PADA LENSA DAN CERMIN

Mengapa cahaya yang masuk pada suatu ujung saluran serat optik keluar dari ujung lainnya tanpa kehilangan intensitasnya?

Konsepsi : Serat optik dibuat dengan memiliki karakter penyusunan yang berbeda antara lapisan inti dengan lapisan luar. Lapisan intinya terbuat dari bahan kaca yang memiliki indeks bias yang tinggi sedangkan pada bagian luarnya tersusun dari kaca dengan indeks bias yang lemah. Cahaya yang masuk melalui serat optik akan mengalami proses pemantulan sempurna yang menyebabkan intensitas cahaya masuknya sama dengan intensitas cahaya yang dikeluarkan.


          Dalam sebuah wadah terdapat beberapa buah lensa. Bagaimana Anda dapat menggolongkan lensa tersebut (termasuk lensa cembung ataukah lensa cekung) hanya dengan melihatnya?
Konsepsi : Kita dapat menggolongkan sebuah lensa dengan melihat bentuk lensa tersebut, karena antara lensa cembung dan lensa cekung memiliki karakter bentuk dengan perbedaan yang jelas. Lensa cembung memiliki bentuk yang cembung (melengkung keluar) pada permukaannya sedangkan lensa cekung (melengkung ke dalam) bagian permukaannya.

           Mengapa lensa memiliki dua titik fokus, sedangkan cermin lengkung hanya satu?
Konsepsi : Karena pada lensa memiliki dua permukaan lengkung yang masing-masing permukaan mampu menerima cahaya dan membiasakannya pada permukaan yang lainnya maka dari itu lensa memiliki 2 titik api. Sedangkan pada cermin lengkung hanya memiliki satu permukaan lengkung yang dapat menerima cahaya yang kemudian memantulaknnya lagi pada permukaan itu sehingga hanya memiliki satu titik api saja

No comments:

Post a Comment