Friday 19 September 2014

SOAL KONSEP FISIKA "BAYANGAN PADA CERMIN DAN LENSA"

SOAL KONSEP FISIKA OPTIK

Apa jadinya pemandangan yang anda lihat di sekitar anda, sekiranya cahaya Matahari tidak mengalami pemantulan baur?

Konsepsi :  Berawal dari proses mata dalam melihat benda. Diawali dengan masukanya cahaya ke dalam mata kita melalui proses pemantulan cahaya oleh benda. Pemantulan oleh benda secara baur memberikan keuntungan kita dapat melihat seluruh benda secara utuh. Namun jika benda mengalami pemantulan secara teratur maka hanya sebagian benda yang dapat tertangkap oleh mata maka benda tidak secara keseluruhan tertangkap oleh mata kita. Maka sekiranya cahaya matahari tidak mengalami pemantualn baur maka kita hanya dapat sebagian kecil dari benda-benda yang ada di bumi ini. Namun kuasa Alloh SWT cahaya di pantulkan secara baur oleh debu yang beterbangan sehingga dengan mudah mata kita dapat melihat benda disekeliling kita dengan jelas.

Seseorang dengan tinggi badan 170 cm tidak mungkin melihat seluruh bayangan dirinya pada sebuah cermin datar berukuran 90 cm x 90 cm, Benar/Salah, jelaskan!
Konsepsi : Salah, karena seluruh bayangan dapat terlihat kseluruhan jika panjang cermin minimal adalah 1/2 panjang benda. Tinggi anak adalah 170 cm, maka panjang cermin minimal yang dapat digunakan adalah 1/2*170 cm = 85 cm, sementara cermin yang ditunjukan pada soal adalah 90 x 90 cm,,maka jelas bahwa bayangan tinggi anak tersebut secara keseluruhan akan dapat terlihat pada cermin.

Bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar bersifat maya, benar/salah, alasannya?
Konsepsi: benar, bayangan yang dibentuk bersifat maya yaitu karena hasil bayangan yang dibentuk merupakan perpotongan dari perpanjangan sinar pantul pada cermin datar. Dan juga benda terletak pada jarak positif terhadap cermin sedangkan bayangannya terletak jarak negatif.

Bayangan Nyata yang dibentuk oleh cermin cekung selalu terbalik, benar/salah, alasan?
Konsepsi : Benar, banyangan nyata yang dibentuk oleh cermin cekung senantiasa terbalik. Hal ini dapat terjadi karena cermin cekung memiliki bagian dalam yang mengkilap sebagai penangkap cahaya. Pantulan yang dihasilkan membentuk titik perpotongan (banyangan nyata) yang menghasilkan bayangan yang senantiasa terbalik. Sedangkan perpotongan perpanjangan sinar membentuk bayangan maya.

Bayangan Maya yang dihasilkan oleh cermin cekung selalu diperbesar, benar/salah, alasan?
Konsepsi : Belum tepat, Karena sifat maya pada cermin datar akan diperkecil ketika besarnya jari-jari kelengkungan cermin lebih kecil dari 1  dan 0 lebih kecil dari jari-jari kelengkungannya.

Apa Perbedaan Bayangan maya yang dibentuk oleh cermin cekung dengan yang dibentuk oleh cermin cembung?
Konsepsi: Bayangan maya yang dibentuk pada cermin cekung timbul karena adanya perpotongan perpanjangan sinar pantul nya, sedangkan banyangan maya yang dibentuk pada cermin cembung merupakan karakteristik dari cermin cembung yang memiliki fokus dan jari–jari kelengkungan yang negatif, sebab titik fokus dan titik kelengkungannya merupakan perpanjangan garis dari sinar pantulnya.

Berapakah jarak fokus cermin datar? Dan apakah rumus pada cermin lengkung berlaku juga pada cermin datar? Jelaskan
Konsespsi : Besarnya fokus pada cermin datar tidak terdfinisikan. tidak berlaku, karena proses pembentukan bayangan antara cermin datar dan cermin lengkung memiliki perbedaan sehingga memiliki perbedaan karakter rumus.

Dokter gigi menggunakan cermin kecil bergagang panjang untuk memeriksa lubang pada gigi. Apakah cermin itu cekung, cembung, atau datar? Jelaskan.
Konsepsi : yaitu dengan menggunakan cermin cekung, cermin ini dipilih karena memiliki sifat dapat memperbesar bayangan. Cermin ini digunakan  oleh dokter untuk memperjelas bagian gigi pasienya yang mengalami kerusakan agar mudah untuk diobati.

Dapatkah benda yang diletakakkan di depan cermin cembung menghasilkan bayangan yang diperbesar? Jelaskan dengan bantuan diagram sinar!

Konsepsi : Tidak, karena setiap benda yang diletakan di depan cermin cembung akan diperkecil dan sifatnya maya, itulah mengapa cermin cembung memiliki jangkuan pemantulan cahaya yang luas karena cahayanya bersifat divergen. Berikut diagram pemantulan cahayanya.



No comments:

Post a Comment