Monday 6 April 2015

BAHAN DIELEKTRIKA DALAM KAPASITOR

pada posting kali ini, saya akan mencoba membahas pengertian dielektrika. Dielektrika secara bahasa dapat diartikan sebagai sekat atau pemisah. Dalam istilah kelistrikan utamanya dalam dunia pendidikan fisika dielektrika dapat diartikan sebagai sekat atau pemisah yang digunakan untuk memberikan batas antara dua buah logam yang bisanya memiliki karakter yang berbeda, biasanya satu logam/lempeng di katakan sebagai muatan positfi dan yang lainnya muatan negatif. 

Maka dari sifat fungsi bahan tersebut dapat kita berikan pengertian bahwa Bahan dielektrik dapat diartikan  bahan yang apabila diberikan medan potensial (tegangan) dapat mempertahankan perbedaan potensial yang timbul diantara permukaan yang diberikan potensial tersebut. Fungsi dari bahan listrik dielektrik diantaranya:
  • Menyimpan energi listrik (dalam bentuk muatan) misalnya pada kapasitor.
  • Memisahkan bagian bertegangan dengan bagian yang tidak bertegangan (isolator).

Contoh bahan dielektrik yaitu plastik, celah udara transformator, mica, gelas, porselin, kayu, karet, dll



Sifat dielektrik muncul pada isolator listrik yang tidak dapat me"lalu/lewat"kan muatan listrik akan tetapi ia peka terhadap suatu medan listrik. Hal ini dapat dibuktikan dengan memisahkan dua pelat elektroda sejarak
d dan memberikan tegangan E diantara kedua pelat tersebut (lihat gambar)


Berdasarkan gambar di atas maka dapat dirumuskan persamaan yang menunjukan hubungan konstanta dielektrik terhadap jarak dan besarnya medan listrik yang dihasilkan oleh muatan dari logam yang berkontribusi sebagai kutub



Bila diantara kedua plat tersebut terdapat ruangan kosong maka rapat muatan Do pada tiap pelat sebanding dengan medan listrik E. Untuk setiap volt/m medan terdapat muatan sebesar 8,85 x 10-12 Coulomb permeter persegi pelat elektroda. Sehingga:

Do = (8,85 x 10-12 C/V . m ) . (Epsilon Nol)


Rapat muatan sebesar ini memerlukan 55 x 106 elektron/m2 untuk setiap Volt/m karena elektron mempunyai muatan sebesar 0,16 x 10-18 Coulomb. Bila pada gambar diatas ditempatkan bahan, maka rapat muatan dapat ditingkatkan dari Do menjadi Dm, perbandingan antara Dm/Do disebut konstanta dielektrik k dari bahan yang ditempatkan diantara elektroda :

K = Dm/Do




No comments:

Post a Comment