Friday 28 August 2015

Mengambil Pelajaran Dari Sabun, Edisi Proses Pembuatan Sabun

Mandi adalah aktivitas yang kita lakukan setiap harinya, mandi berguna untuk menghilangkan bau keringat yang bersifat asam. Asamnya teringat akan menjadi netral ketika kita mandi menggunakan sabun. Sabun, adalah suatu zat yang setiap hari digunakan oleh setiap orang di seluruh dunia untuk membersihkan kotoran. Tahukah sahabat sholeh bahwa dalam pembuatannya ternyata sangat bertentangan sekalli dengan proses penggunaannya. Pembuatannya tak sulit dan bahan dasarnya murah serta mudah didapat yaitu lemak dan abu kayu sisa pembakaran (walau terkadang juga dicampur dengan kapur).

Caranya dapa kita lakukan dengan langkah berikut ini
  1. Batu kapur dipanaskan untuk menghasilkan kapur
  2. Kapur yang basah kemudian ditaburkan abu kayu yang masih panas kemudian diaduk hingga rata
  3. Selanjutnya tambahkan beberapa potong lemak selama beberapa jam
  4. Ketika lapisan buih berwarna coklat kotor dan tebal terbentuk tepat dipermukaannya dan menjadi keras setelah dingin
  5. Maka potong-potonglah lapisan yang keras tadi (itulah yang kita sebut sebagai sabun)

Namun, untuk saat ini kita banyak menjumpai sabun cair, dengan bau wangi. Itu merupakan sabun yang dikomersialkan dengan cara memurnikannyya dan menambahkan bahan seperti pewarna, pewangi, anti bakteri dll. 

Setiap sabun dibuat melalui reaksi antara lemak dan bahan yang disebut alkali (sifat basa yang sangat kuat). Sifat basa (pH > 7) merupakan lawan dari sifat asam dengan pH < 7. Sabun dapat dibuat dari berbagai lemak binatang seperti kambing, sapi ataupun kerbau.

Karena dibuat dengan melalui pencampuran sebuah senyawa organik (asam lemak) dengan sebuah senyawa anorganik (alkali), molekul sabun  mempertahankan beberapa ciri kedua orang tuanya (lemak dan abu kayu) yaitu senang mengikat bahan-bahan organik berminyak dan sebuah kaki anorganik yang senang bergandengan dengan air. Itulah sebabnya sabun memiliki kemampuan tiada banding dalam menarik kotoran yang berminyak dari tubuh atau dari pakaian ketika dicampurkan dengan air.

Sabun

Hal yang dapat kita petik dari pelajaran proses pembuatan sabun yaitu darimanapun kita berasal, walaupun dari latar belakang yang buruk, tetaplah berusaha untuk memberikan manfaat terbaik bagi semua orang disekitar lingkungan hidup kita.




No comments:

Post a Comment